8 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan

8 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Yang Belum Banyak Diketahui Oleh Banyak Orang. Ingin Tahu Apa Saja Khasiat Dan Manfaat Dalam Kentang ?


Apakah anda salah satu penggemar kentang goreng atau kentang rebus ? Jika anda termasuk penggemar kentang, maka sebaiknya anda membaca artikel ini sampai tamat ya.

Kentang merupakan salah satu jenis umbi-umbian, Di eropa dan luar negeri, kentang ini dikenal sebagai makanan pokok, Kalau di indonesia setara dengan Nasi.

Alasan kuat mengapa Bule -bule menjadikan kentang ini sebagai makanan pokok adalah karena kandungan karbohidratnya yang sangat tinggi.

Di indonesia sendiri, Umbi kentang ini lebih dikenal sebagai sayuran yang tergolong mewah, dan harganya juga cukup mahal dibandingkan dengan beras.

Fakta Nutrisi Yang Ada Dalam Umbi Kentang

⇒ Kandungan Mineral : Jika Anda makan kentang secara teratur, Anda memastikan pasokan air dan ion yang baik dalam tubuh Anda. Ini karena kentang kaya akan kandungan potasium . Makan kentang dengan kulitnya juga sangat bagus karena di dalamnya juga mengandung kalsium , zat besi , dan fosfor .

⇒ Kandungan Vitamin : Kentang diketahui mengandung vitamin C dalam jumlah besar. Biasanya, 100 porsi gm akan berisi sekitar 17 mg vitamin C . Selain ini, mereka juga mengandung vitamin A dan B ( sumber : Database National Nutrient USDA).

⇒ Kandungan Air : Kentang mungkin terlihat besar, tetapi kandungan air dalam kentang mencapai sekitar 70-80 persen. Jadi keyakinan bahwa Anda akan menjadi gemuk dengan makan kentang adalah kesalahpahaman.

Yang menjadi masalah dan menyebabkan gemuk adalah jika anda mengkonsumsi kentang yang mengandung mentega dalam jumlah besar , atau jika Anda mengkonsumsi kentang goreng yang tinggi lemak dan kolesterol, maka tubuh anda sudah pasti akan gemuk.

⇒ Kandungan Pati : Kentang mengandung sekitar 17% pati dan merupakan salah satu sumber alami terbaik. Namun, Anda harus menghindari makan kentang bertunas sebagai tumbuh mengarah pada konversi pati menjadi gula .

8 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan

Manfaat Kentang⇒ Mencegah Penyakit Jantung

Selain vitamin (B-kompleks dan C), mineral, dan serat, kentang juga mengandung zat-zat tertentu yang disebut karotenoid (lutein dan zeaxanthin).

Karotenoid bermanfaat untuk kesehatan jantung dan fungsi organ-organ internal lainnya. Sekali lagi, karena kentang meningkatkan kadar glukosa dalam darah dan konsumsi berlebihan mereka dapat menyebabkan obesitas, yang memberi tekanan pada jantung Anda, Anda harus berhati-hati tentang seberapa sering Anda menggunakan kentang untuk manfaat kesehatan ini. Ini metode mencegah penyakit jantung tidak dianjurkan untuk orang gemuk atau penderita diabetes .

⇒ Dapat Membantu Mengurangi Peradangan Luar Dan Dalam

Menurut penelitian terbaru, kentang sangat bermanfaat untuk mengurangi peradangan eksternal dan internal. Karena mudah dicerna, lembut dan memiliki jumlah vitamin C yang cukup, bersama dengan agen antioksidan yang baik, ia memperbaiki jaringan yang pecah.

Untuk meredakan peradangan usus, vitamin B6 dan potasium yang ada di kentang secara signifikan memainkan peran mereka. Kedua nutrisi ini memiliki unsur diet yang baik yang membantu Anda mengobati bisul mulut dan menghasilkan dampak anti-inflamasi. Namun, berat yang diperoleh dari kentang dapat memperburuk kondisi ini. Sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan dalam asupan.

⇒ Dapat Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Kentang mengandung sejenis pati khusus yang dikenal sebagai pati resisten .

Pati ini tidak dipecah dan diserap sepenuhnya oleh tubuh. Sebaliknya, ia mencapai usus besar di mana ia menjadi sumber nutrisi untuk bakteri menguntungkan di usus Anda.

Penelitian telah mengaitkan pati resisten dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi resistensi insulin, yang pada gilirannya meningkatkan kendali gula darah.

Dalam sebuah penelitian pada hewan, tikus yang diberi makan pati resisten menunjukkan penurunan resistensi insulin. Ini berarti tubuh mereka lebih efisien dalam menghilangkan kelebihan gula dari darah .

Sebuah penelitian terhadap orang-orang dengan diabetes tipe 2 menemukan mengkonsumsi makanan dengan pati resisten membantu lebih baik membuang kelebihan gula darah setelah makan .

Dalam penelitian lain, sepuluh orang diberi makan 30 gram pati resisten setiap hari selama periode empat minggu. Para ilmuwan menemukan bahwa pati resisten mengurangi resistensi insulin hingga 33% .

Yang menarik, Anda juga bisa meningkatkan kandungan pati resisten kentang. Untuk melakukan ini, simpan kentang rebus di lemari es semalam dan konsumsilah dengan dingin.

⇒ Dapat Membantu Mengobati Batu Ginjal

Batu Ginjal disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat dalam darah. Dalam kasus seperti itu, makanan tinggi protein harus dihindari, khususnya protein hewani seperti daging, kalkun, udang , ikan, telur , dan susu , serta bayam , pisang mentah, gram hitam., dan kacang tertentu, yang secara drastis meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Besi dan kalsium juga berkontribusi pada pembentukan batu. Kentang kaya dalam kedua hal ini secara logis, mereka tidak akan cocok sebagai ukuran pencegahan untuk batu ginjal, tetapi mereka juga mengandung magnesium, yang menghambat akumulasi atau pengendapan kalsium (kalsifikasi) di ginjal dan jaringan lain, dengan demikian membuktikan bermanfaat untuk pengobatan batu ginjal

⇒ Dapat Membantu Menurunkan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi

Para ilmuwan telah menyebutkan berbagai alasan berbeda yang menyebabkan tekanan darah tinggi termasuk stres, diabetes , ketidakseimbangan nutrisi dan banyak lagi komplikasi kesehatan. Untungnya, kentang cenderung meringankan banyak kemungkinan penyebab untuk meredakan hipertensi.

Serat dalam kentang dianggap sebagai obat alami untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah, bersama dengan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh Anda. Tingkat insulin yang adekuat mengatur kadar glukosa dalam darah, yang membantu menurunkan tekanan darah Anda.

⇒ Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Fungsi otak yang tepat sangat bergantung pada tingkat glukosa, suplai oksigen, berbagai komponen kompleks vitamin B , dan hormon tertentu, asam amino dan asam lemak seperti omega-3.

Kentang melayani hampir semua kebutuhan yang disebutkan di atas. Mereka tinggi karbohidrat, dan dengan demikian menjaga kadar glukosa dalam darah. Ini mencegah otak membiarkan keletihan dalam dan menjaga aktivitas dan kinerja kognitif Anda tetap tinggi. Selanjutnya, otak membutuhkan oksigen, yang dibawa oleh hemoglobin dalam darah; konstituen utamanya adalah besi.

Kentang juga mengandung zat besi. Karena itu, mereka membantu mengantarkan oksigen ke otak juga. Ada berbagai macam vitamin dan mineral dalam kentang yang secara positif mempengaruhi fungsi otak, termasuk fosfor, seng, dan vitamin B kompleks. The vasodilatasi sifat kalium juga telah terhubung dengan stimulasi fungsi otak karena peningkatan aliran darah untuk itu.

⇒ Dapat Membantu Mengobati Rematik

Penyakit ini terkait dengan menyebabkan gejala-gejala otot dan nyeri sendi dengan peradangan. Kentang bisa menjadi sumber bantuan cepat. Kehadiran vitamin seperti magnesium dan kalsium dalam kentang, membantu mengobati rematik.

Juga, air kentang rebus dapat meredakan peradangan pada otot. Melihat sisi lain, karbohidrat dan kandungan tepung yang sebagian besar hadir cenderung meningkatkan berat badan, yang mungkin memiliki efek berbahaya pada pasien.

⇒ Perawatan Kulit

Vitamin C dan B-kompleks, serta mineral seperti kalium, magnesium , fosfor, dan seng , baik untuk kulit .

Selain itu, ampas yang diperoleh dari kentang mentah yang hancur, jika dicampur dengan madu , dapat berfungsi dengan baik dalam kemasan kulit dan wajah. Ini bahkan membantu menyembuhkan jerawat dan bintik-bintik pada kulit.

Sekali lagi, pulp ini, jika diterapkan secara eksternal pada luka bakar , memberikan bantuan cepat dan penyembuhan lebih cepat . Kentang hancur dan bahkan air di mana mereka telah dicuci sangat baik untuk melembutkan dan membersihkan kulit gelap, terutama di sekitar siku.

Kahfi Herbal

Manfaat KentangManfaat Kentang

Manfaat Kentang

Manfaat Kentang

Manfaat Kentang

Manfaat Kentang

Manfaat Kentang

Manfaat Kentang

Manfaat Kentang

Manfaat Kentang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *